Tuesday, 02 November 2021 13:17

International Guest Lecture What can Islamic Economy do to recover economic problems due to C19?

Written by

Pekalongan (27/10/21) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menyelenggarakan International Guest Lecture kegiatan ini rencananya akan berlangsung dua hari. Hari pertama Kegiatan tersebut diisi oleh Prof. Abdul Ghafar Islamil, Ph.D dari University Sains Islam Malaysia (USIM) yang mengambil tema “What can Islamic Economy do to recover economic problems due to C19?” dan dimoderatori oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan, Kuat Ismanto, M.Ag.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Tamamudin, MM. Dalam pembukaannya, Dr. Tamamudin menyampaikan manfaat penting dari kegiatan ini membuka wawasan bagi mahasiswa dan sarana untuk meningkatkan pemahaman keilmuan terutama ekonomi Islam, beliau mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan Prof. Abdul Ghafar dan berharap agar kerjasama yang baik tetap terjalin antara FEBI IAIN Pekalongan dengan University Sains Islam Malaysia.

Dalam pemaparannya Prof Ghafar menyampaikan tiga point tentang philanthropy ekonomi, : 1. social effect such creating the social justice functions, 2. spiritual effect that strengthen obedience  value to Allah. 3. socioeconomic development of ummah – providing the basic needs.

Antusias peserta terlihat dengan membludaknya jumlah peserta yang hadir lebih dari 300 mahasiswa dalam pertemuan virtual yang diselenggarakan dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.  Dalam kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut, Prof. Abdul Ghafar berpesan agar manusia tetap bekerjasama dan bersedekah meskipun kondisi pandemi saat ini cukup mengkhawatirkan sektor ekonomi di semua negara dan masyarakat.