Wednesday, 13 October 2021 09:25

FEBI IAIN Pekalongan sukses menyelenggarakan FGD Penyusunan rencana strategis

Written by

Segenap pengelola FEBI IAIN Pekalongan beserta Para stakeholder dan perwakilan dosen mengikuti FGD penyusunan rencana strategis di meeting room lantai 3 Gedung FEBI. Senin (22/09/2021).

Dekan FEBI, Ibu Dr. Shinta Dewi Rismawati S.H. M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa Focus Group Discussion ini penting untuk dilakukan mengingat adanya perubahan dan pergantian kepemimpinan di lingkungan kementrian agama yang mana visi dan misinyapun berubah. FEBI yang sejatinya adalah salah satu satker di bawah naungan kementrian agama harus mampu menyesuaikan perubahan tersebut. selain itu FGD ini juga merupakan wadah bagi Fakultas untuk mendapatkan masukan dan aspirasi dari para stakeholder agar arah pengembangan kampus FEBI lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Acara yang berlangsung hari senin pagi ini diikuti oleh beberapa elemen, segenap pengelola FEBI, para stakeholder, dan Perwakilan beberapa Dosen FEBI IAIN Pekalongan, dalam acara ini juga berlangsung MOU Kerjasama antara FEBI dengan kantor jasa akuntan multi sinergi konsulting.

Hadir mengisi acara yang pertama Drs. H. Mulyono Kastari (Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah  kabupaten pekalongan) Dalam pemaparannya  beliau menjelaskan tentang bagaimana bermuamalah yang sesuai dengan syariat islam, beliau juga berharap agar febi mampu untuk mmensosialisasikan fatwa-fatwa DSN MUI agar diterima dan dipahami dengan baik oleh masyarakat, karena selama ini fatwa terebut hanya terpajang rapi di rak meja saja.

Berlanjut narasumber berikutnya disampaikan oleh Bp. Mariono (BSI Pekalongan) yang memaparkan tentang potensi dan peluang besar ekonomi di sektor dominan kota / kabupaten pekalongan, beliau juga berharap agar FEBI berperan aktif dalam perkembangan ekonomi syariah terutama perbankan syariah, menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi dan kemandirian serta siap dalam dunia kerja.

Materi ketiga di paparkan oleh Drs. K.H. Muslih Khudori M.S.I (Ketua PCNU Kabupaten Pekalongan) dalam penjelasannya beliau berharap agar FEBI mampu menggelar roadshow ke pesantren-pesantren, selain itu dalam kaitannya pengembangan kompetensi FEBI perlu bekerjasama dengan pihak eksternal terkait pelatihan softskill serta FEBI mampu menjadi pelopor perkembangan ekonomi syariah secara masiv.

Materi keempat disampaikan oleh Bp. Muhammad Fitrayudi Triatmaja (kantor jasa akuntan multi sinergi consulting) dalam pemaparannya beliau berharap agar lulusan FEBI terutama jurusan akuntansi memiliki sertifikatsi akuntan syariah, selain itu mahasiswa tingkat akhir perlu untuk mengikuti ujian A-CPA sebagai dasar untuk akuntan pemula.

Materi terkahir disampaikan oleh Bp. Ikhlas Ananda M.Sc (Bapeda Kabupaten Pekalongan) dalam penjelasannya beliau berharap agar FEBI mampu meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan pemerintah kabupaten pekalongan, beliau juga berharap agar FEBI mampu menumbuhkan potensi UMKM Lokal melalui inkubator bisnis dengan berlandaskan teknologi informasi.