FEBI

FEBI

Jadwal Ujian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dapat diakses pada link dibawah ini:

1. Jadwal Ujian Jurusan Ekonomi Syariah

  1. Pengumuman jadwal Ujian Seminar Proposal jurusan ekonomi syariah tanggal 26 September 2022 Klik Download
  2. Pengumuman jadwal Ujian Skripsi jurusan ekonomi syariah tanggal 26 September 2022 Klik Download

Sabtu, 25 Juni 2022 bertempat di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatera Barat, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) serta Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Wakaf Indonesia kembali mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Nazhir Wakaf. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari acara sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juni 2022 melalui aplikasi zoom meeting.

Pada kesempatan itu, Lemdiklat Wakaf Indonesia melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi dengan skema Perencanaan Penerimaan Harta Benda Wakaf. Skema tersebut merupakan materi skema ke-3 yang menjadi bagian dari 8 skema materi uji kompetensi seorang Nazhir wakaf. Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta baik dari kalangan akademisi maupun praktisi yang berasal dari berbagai lembaga dan universitas yang berada di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Selaku pemateri pada acara ini adalah Ketua Lemdiklat Wakaf Indonesia, Hendri Tanjung Ph.D serta Ketua LSP BWI, Prof. Dr. Nurul Huda.

Turut hadir sebagai peserta dalam acara tersebut adalah Bahtiar Effendi, M.E yang merupakan Dosen FEBI UIN GUSDUR Pekalongan. Selama mengikuti pelatihan dan uji sertifikasi, Bahtiar dinyatakan lulus dan kompeten. “Alhamdulillah, setelah melalui pelatihan dan uji sertifikasi nadzir saya dinyatakan lulus dan kompeten, semoga ilmu dan pengalaman ini bisa bermanfaat untuk institusi dan masyarakat,” kata Bahtiar

Pekalongan, 26/7/2022- Sebagai upaya untuk menciptakan tata kelola universitas yang baik (good university governance), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid (FEBI UIN Gusdur) melaksanakan serangkaian audit, baik audit internal dan ekstenal. Pada Juli 2022 ini, FEBI UIN Gusdur melaksanakan Audit Operasional, dimana audit ini bagian dari audit internal. Selaku auditor adalah tim auditor dari Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN Gusdur. Obyek audit internal ini meliputi beberapa aspek, antara lain laporan kegiatan, belanja operasional, belanja pembelian barang yang bersifat konsumsi, barang milik negara, perjalanan dinas dan beberapa aspek lain yang terkait dengan akuntabilitas penggunaan anggaran.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati menyampaikan bahwa audit operasional pada dasarnya sangat membantu Fakultas untuk mempersiapkan proses pertanggungjawaban berbagai jenis laporan kegiatan dan penggunaan anggaran. Muaranya adalah bahwa Fakultas mampu menggunakan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran secara lebih akuntabel yang sesuai dengan regulasi. Sementara itu Agus Arwani selaku lead auditor dari SPI juga menambahkan bahwa audit operasional dengan mempertimbangkan aspek efisiensi, efektifitas dan ekonomis, baik yang terkait dengan sisi akuntansi dan kebijakan operasional. Agus juga menambahkan bahwa SPI adalah mitra Fakultas sebagai konsultan agar lebih siap saat pelaksanaan audit eksternal dari BPK, Irjen dan sebagainya. (i78)

Jadwal Ujian Jurusan Ekonomi Syariah dapat diakses pada link dibawah ini:

  1. Pengumuman jadwal Ujian Komprehensif jurusan ekonomi syariah Klik Download

Jadwal Ujian Jurusan Ekonomi Syariah dapat diakses pada link dibawah ini:

  1. Pengumuman jadwal Ujian Seminar Proposal jurusan ekonomi syariah Klik Donwload
  2. Pengumuman jadwal Ujian Skripsi jurusan ekonomi syariah Klik Donwload

Peserta dan Jadwal Semester Padat (SP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat melalui Link: Klik Lihat Jadwal dan Peserta SP

Diberitahukan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan banding UKT dengan ketentuan sebagai berikut :  Klik Lihat Pengumuman

Pekalongan (15/5/2022) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan kembali menggelar webinar rutinan yang diselenggarakan secara virtual pada hari Rabu, 15 Juni 2022 dengan tema Asas Sekunder Dalam Transaksi Akad Kontemporer. Tema kegiatan ini merujuk pada karya disertasi yang dilahirkan di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir oleh Dr. Zawawi, M.A.

Dimoderator oleh Dewi Anggraeni, M.A, kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini dihadiri oleh para peserta yang terdiri atas dosen, praktisi, dan mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan. Dalam paparannya, Dr. Zawawi menyampaikan bahwa asas sekunder dalam transaksi akad kontemporer dapat dilihat dari posisi batasan (unsur primer dan sekunder). Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit berjalan lancar dan kondusif. Pada closing statementnya, Dr. Zawawi menuturkan bahwa salah satu faktor yang dapat menjadi pertimbangan bagi lembaga hukum adalah dengan melihat adanya unsur gharar yang posisinya ada di unsur primer atau sekunder pada sebuah akad.

 Jadwal Ujian Jurusan Ekonomi Syariah dapat diakses pada link dibawah ini:

  1. Pengumuman jadwal Ujian Komprehensif jurusan ekonomi syariah Klik Download

Jadwal Ujian Jurusan Ekonomi Syariah dapat diakses pada link dibawah ini:

  1. Pengumuman jadwal Ujian Seminar Proposal jurusan ekonomi syariah Klik Donwload
  2. Pengumuman jadwal Ujian Skripsi jurusan ekonomi syariah Klik Donwload
Page 1 of 9