Tuesday, 02 November 2021 15:29

FEBI Kerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pekalongan Mengelaar Webinar “Digitalisasi UMKM dan Peran Lembaga Keuangan Syariah”

Written by

Pekalongan (16 Oktober 2021) Sebagai salah satu bentuk implementasi kerjasama FEBI IAIN Pekalongan menyelenggarakan kegiatan seminar nasional bersama dengan MES Pekalongan dengan tema “Digitalisasi UMKM dan Peran Lembaga Keuangan Syariah”.

Seminar nasional yang dibuka oleh ketua MES Pekalongan Akhmad Sakhowi mendatangkan dua narasumber ekonom senior Dedi Wibowo Kepala Divisi Bisnis Digital dan Pusat Data Ekonomi Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Mariyono Kepala BSI Cabang Pekalongan, yang dimoderatori oleh Fahrus Tsalis dari Kampus Doa. Dalam paparannya Dedi Wibowo menyampaikan potensi pasar digital, pergeseran demografi yang didominasi kaum milenial dan Gen Z > 60% populasi mendorong perbankan mengembangkan layanan digital, Mayoritas millennial Indonesia telah terkoneksi dengan internet, dimana 98,2% diakses melalui smartphone dan Pengembangan layanan digital dapat dilakukan in - house, menggunakan jasa vendor, atau berkolaborasi dengan fintech /Lembaga keuangan syariah lainnya. Sedangkan Mariyono, tentang BSI dan kesiapan BSI dalam mendukung UMKM melalui Produk Pembiayaan KUR, tentunya ini menjadi angin segar bagi pengembangan digitalisasi UMKM dan perkembangan UMKM.

Webinar ini terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum secara daring, harapan dari acara ini menambah wawasan mahasiswa serta membangkitkan semangat mahasiswa untuk terjun sebagai pelaku dari UMKM.