Tuesday, 02 November 2021 13:18

International Guest Lecture Day-2 “Best Practice Financial Engineering sesuai Syariah dan Kebutuhan Pembiayaan masyarakat di Era New Normal”

Written by

Pekalongan (28/10/21) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menyelenggarakan International Guest Lecture hari  ke 2 Kamis, 28 Oktober 2021, FEBI mengundang Dr Muhammad Mahbubi Ali  praktisi dari The Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS) Malaysia beliau menjabat sebagai Head of Ekonomics, Finance, Awqaf and zakat.

Dihari kedua ini , acara berlangsung sangat meriah dengan jumlah peserta yang bergabung dalam zoomeeting full berjumlah 300 peserta dan yang streaming youtube hampir 250 peserta. International Guest Lecture dengan narasumber Dr. Muhammad Mahbubi Ali adalah praktisi dari International Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS) Malaysia dan dimoderatori oleh Ali Amin Isfandiar M.Ag, Acara ini menjadi magnet bagi mahasiswa FEBI, dikarenakan tema pada seminar kali ini membahas “Best Practice Financial Engineering sesuai Syariah dan Kebutuhan Pembiayaan masyarakat di Era New Normal”, tema ini sangat menarik untuk di diskusikan.

Pada intinya keuangan syariah menjadi pembaharuan keuangan yang terus mengalami perkembangan di Indonesia. Aset Bank Syariah mengalami kenaikan, kenaikan ini seiring dengan peningkatan permintaan masyarakat akan sistem keuangan syariah yang diiringi perkembangan teknologi dan inovasi. Inovasi produk pada perbankan syariah dikenal dengan istilah financial engineer yang menjadikan perbankan syariah lebih kompetitif dan lebih berkembang. Islamic financial engineering menciptakan produk-produk financial yang sesuai dengan hukum islam dalam menangani kebutuhan financial masyarakat yang semakin kompleks. Teknik dalam modern Islamic Financial Engineering dilakukan dengan cara yaitu 1) modifiying classical contract or its modus operandi, 2) amalgamation of contract, 3) enhancing the relatively less-used classical concept, 4) New Innovation (fresh Ijtihad).