Tuesday, 19 March 2019 19:12

UKM-F STUDY CLUB RESEARCH (DYCRES) IAIN PEKALONGAN SELENGGARAKAN KAJIAN RUTIN DENGAN TEMA “PELATIHAN SPSS 1” SEBAGAI PENGENALAN SEKALIGUS PEMBELAJARAN KEPADA MAHASISWA FAKULTAS FEBI TENTANG PROGRAM APLIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN

Written by
Bapak Dzulfikar, M.Pd sebagai pemateri
 
Unit Kegiatan Mahasiswa Study Club Research (UKM Dycres) IAIN Pekalongan menyelenggarakan acara Kajian Rutin yang kedua yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Kajian dan Keilmuan, pada hari Selasa 26 Februari 2019 bertempat di ruang kelas I2.3 lantai 2 gedung FEBI IAIN Pekalongan. Acara yang bertemakan “Pelatihan SPSS 1” diikuti oleh 41 peserta dari mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan mulai dari semester 2 hingga semester 8. Kajian Rutin Dycres dilaksanakan dengan sasaran mahasiswa FEBI dimana Pelatihan SPSS 1 ini sebagai awal pengenalan kepada mahasiswa terkait dengan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam penelitian salah satunya adalah Aplikasi SPSS. SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences yang digunakan untuk menganalisis data statistik yang dibutuhkan bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian atau menempuh tugas akhir yaitu Skripsi.
Kajian Rutin Dycres dilaksanakan 2 minggu sekali dimana Divisi Kajian dan Keilmuan menjadi penanggung jawab acara tersebut. Acara ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa FEBI yang berkenan mengikutinya. Pemberitahuan untuk mahasiswa FEBI mengenai kajian rutin ini melalui pamflet yang disebarluaskan menggunakan jejaring sosial seperti instagram dan whatsapp dan pelatihan SPSS ini sifatnya praktek dengan menggunakan laptop yang telah dihimbaukan kepada calon peserta kajian dan juga telah menginstall aplikasi SPSS. Dari pihak panitia telah berusaha memfasilitasi sebagian calon peserta yang hendak mengikuti kajian tersebut sehingga diharapkan acara ini dapat berjalan dengan kondusif dan efisien mengingat waktu yang cukup singkat yaitu kurang lebih 1 jam dari pukul 15.30 s.d 16.30 WIB.