Monday, 30 December 2019 17:07

FEBI GELAR WORKSHOP GIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK TINGKATKAN INTERAKSI AKADEMIK DOSEN DAN MAHASISWA

Written by

Pekalongan, FEBI--Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah mempunyai galeri investasi syariah yang terletak di fakultas ekonomi dan bisnis islam, dibukanya galeri investasi syariah ini merupakan program kerjasama antara fakultas ekonomi dan bisnis islam dengan bursa efek indonesia (BEI), dan PT. Phintraco sekuritas. Namun keberadaan galeri investasi syariah (laboratorium pasar modal syariah) di FEBI IAIN Pekalongan sampai saat ini masih difungsikan sebatas seremonial, dan hanya digunakan saat praktik mata kuliah pasar modal. Keberadaan galeri investasi syariah diharapkan mengakomodasi civitas akademika untuk berkiprah pada industri pasar modal. Untuk itulah pengoptimalan galeri investasi syariah sebagai wahana belajar mahasiswa di bidang pasar modal syariah harus segera dilakukan. Oleh karena itu pada hari senin, 18 November 2019 dilaksanakan Workshop Optimalisasi Galeri Investasi Syariah FEBI sebagai Sumber Belajar.

Kegiatan sosialisasi pengenalan galeri investasi syariah (laboratorium pasar modal syariah) ini dilakukan beberapa hari dengan sasaran peserta yaitu Mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis islam. Dengan harapan segenap mahasiswa mampu mengenali dan memanfaatkan fasilitas yang telah ada di kampus dan menggunakannya dengan baik terutama laboratorium pasar modal syariah yang memiliki fungsi tidak hanya untuk alat pembelajaran tapi juga sebagai wahana Untuk bertansaksi dan berinvestasi di pasar modal.

Hadir sebagai narasumber yaitu Bp. M.Taufiq Abadi MM, dalam materinya beliau mengatakan Pentingnya mahasiswa di edukasi dan diberikan pemahaman tentang pasar modal syariah, optimalisali galeri invesasi dan pemahan penggunaan aplikasi ridmi. Di jelaskan pula tentang profil singkat galeri investasi syariah FEBI IAIN Pekalongan yang merupakan hasil kerjasama dari tiga lembaga yaitu IAIN Pekalongan, Bursa Efek Indoneia (IDX) dan perusahaan Phintraco Sekuritas.galeri ini diresmikan pada tanggal 12 Desember 2018. Dalam kegiatan ini di dibagikan pula buku pedoman galeri investasi syariah dalam bentuk soft copy (E-book) yang diharapkan dengan  buku panduan ini mahasiswa mampu mempelajari dan beraktifitas serta sering berkunjung di galeri investasi syariah. Tak lupa di bahas juga peran dan fungsi galeri investasi syariah, kriteria dan tanggungjawab dalam pengelolaan galeri investasi syariah serta bagaimana proses pengelolaan galeri investasi syariah ini. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini pun diberikan beberapa ice breaking dan hadiah seru agar mereka tidak jenuh. (M.T. Abadi/Hafidz)