Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

PROGRAM PEDULI KEMANUSIAAN FEBI IAIN PEKALONGAN

E-mail Print PDF

PROGRAM PEDULI KEMANUSIAAN FEBI IAIN PEKALONGAN

febbanjir201703

Pekalongan, FEBI—Memasuki musim penghujan menjelang akhir tahun 2017, curah hujan di Indonesia tidak terkecuali di Pekalongan relatif tinggi. Bahkan pada 1 Desember 2017 baru-baru ini, curah hujan yang begitu tinggi membuat wilayah Pekalongan terendam banjir. Efek dari badai Dahlia juga turut memperparah terjadinya banjir.

IAIN Pekalongan yang berada di daerah Pekalongan Utara yang dekat dengan kawasan pantai tak luput dari genangan air banjir. Demikian pula warga masyarakat yang berada di sekitar IAIN Pekalongan, menjadi korban banjir di mana air banjir ketinggiannya mencapai 30 s.d 60 cm. Kondisi ini menjadikan warga terdampak banjir di sekitar IAIN Pekalongan membutuhkan banyak bantuan, karena selain tidak dapat melaksanakan aktivitas keseharian mereka, para korban banjir juga membutuhkan uluran tangan dari pihak lain.

Berdasar hal tersebut maka pada 3 Desember 2017, Keluarga Besar IAIN Pekalongan melaksanakan Program Peduli Kemanusiaan berupa pemberian bantuan kepada korban banjir. Kegiatan diawali dengan mengumpulkan dana dari jajaran dosen, staf, mahasiswa dan pimpinan FEBI IAIN Pekalongan. Setelah dana terkumpul, kegiatan dilanjutkan dengan mendirikan dapur umum yang bertempat di kediaman Wadek 2 FEBI IAIN Pekalongan guna menyiapkan makanan siap santap bagi korban banjir. Bantuan untuk korban banjir diwujudkan dalam dua bentuk, yaitu makanan siap santap dan obat-obatan. Bersama dengan mahasiswa dan keluarga besar FEBI IAIN Pekalongan, bantuan ini didistribusikan ke dua lokasi, yaitu Kecamatan Pekalongan Utara (posko dan lokasi pengungsian) dan di Bojongsari Pekalongan Utara. Bantuan diterima langsung oleh Sekretaris Kecamatan Pekalongan Utara, sedangkan bantuan untuk warga Bojongsari diterima oleh Ketua RT setempat.

Melalui kegiatan sosial ini, sebagaimana yang dinyatakan oleh Dekan FEBI IAIN Pekalongan, Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, diharapkan bantuan dapat sedikit meringankan kesulitan para warga terdampak banjir. Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan kepedulian di kalangan Keluarga Besar FEBI IAIN Pekalongan, sekaligus sebagai proses pembelajaran perilaku kecendikawanan mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan. (i78)

Lampiran Foto Program Peduli Kemanusiaan
febbanjir201701

febbanjir201702