Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

UNTUK TINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN, FEBI SELENGGARAKAN PELATIHAN AKUNTANSI BAGI MAHASISWA

E-mail Print PDF

sem-01-20a

FEBI, Pekalongan—Guna menciptakan atmosfir akademik yang kondusif dalam proses pembeajaran di luar kelas, FEBI IAIN Pekalongan menyelenggarakan Workshop Bidang Akuntansi bagi mahasiswa degan tema “Teknik Menyusun Laporan Keuangan pada Entitas UMKM.” Kegiatan yang juga menjadi bagian dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Desember 2019 di auditorium FEBI IAIN Pekalongan. Peserta kegiatan adalah 150 mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan.

Wakil Dekan 1 (WD1) FEBI IAIN Pekalongan, Dr. AM. Muh. Khafidz Ma’sum M.Ag., Dalam sambutannya mengatakan bahwa Nantinya, SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Kalau ijazah merupakan bukti telah selesainya suatu jenjang pendidikan tertentu, dan transkrip nilai adalah daftar nilai pencapaian selama menempuh perkuliahan, SKPI menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasayarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya. Landasan hukumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi..Landasan hukumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi. Beliau juga mengungkapkan bahwa Capaian pembelajaran juga tidak hanya membahas mengenai kemampuan dalam persaingan kerja semata, namun juga membahas mengenai kemampuan pengetahuan yang dimiliki oleh lulusan dan juga kemampuan sikap yang harus dimiliki oleh lulusan. Hal ini dapat membantu para perekrut kerja (HRD perusahaan) dalam menyeleksi tenaga kerja.

sem-01-20

Hadir sebagai narasumber Bp. Andita G Kartiyoso, SE, Akt, MM, CA, CTA, CPA, CMA.yang merupakan owner kantor jasa akuntan “andita Gunawan”. dalam pemaparannya beliau memaparkan beberapa hal terkait UMKM dan pentingnya penulisan dan pembukuan pada usaha mikro. kecil dan menengah, dengan pembukuan yang baik maka akan mudah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan ke depan terutama ketika terjadi masalah keuangan.

“Para mahasiswa yang mengikuti workshop ini terlihat sangat antusias dan bersemangat meingukti acara sampai akhir, meskipun terpotong jeda istirhat dan sholat” ungkap M. Taufiq Abadi selaku koordinator panitia acara. (M.T. Abadi)