Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

KULIAH UMUM PERBANKAN SYARIAH

E-mail Print PDF

Menghadiran Fahmi Subandi, M.M. Direktur Operasional BRI Syariah sebagai Narasumber, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menggelar Kuliah umum dengan Tema “Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah di Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 28 Oktober 2019 bertempat di meeting room lantai 3 yang diikuti oleh 150 mahasiswa. Kuliah umum dimulai pukul 08:30 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan tilawah ayat-ayat suci al-Quran, sambutan dan do’a sebagai pamungkas opening ceremony.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. menyampaikan bahwa pentingnya memahami isu-isu terbaru dalam perekonomian khususnya peran sektor keuangan syariah di Indonesia. Beliau juga menyampaikan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Bank BRI Syariah dengan IAIN Pekalongan sebagai salah satu upaya dalam sharing ilmu pengaetahuan mengenai ekonomi syariah di Indonesia kepada para mahasiswa khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dalam pemaparannya Fahmi Subandi menjelaskan perkembagan perbankan syariah yang semakin membaik dari tahun ke tahun di Indonesia hal ini dilihat dari pertumbuhan aset dan pangsa pasarnya. Pada saat ini jumlah masyarakat yang menyimpan dananya di perbankan syariah masih berkisar 10 persen dari jumlah total rekening tabungan di Indonesia dangan share sebesar, hal ini menjadi catatan sendiri bahwa minat menabung masyarakat di perbankan syariah di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Dari sisi pembiayaan, perbankan syariah di Indonesia menyumbang 6,7 persen dari jumlah keseluran pembiayaan di Indonesia.

Menurutnya, literasi keuangan syariah di Indonesia masih perlu diupayakan. Dengan jumlah penduduk Muslim di Indonesia sangat besar, hal ini menjadi potensi akan perkembangan perbankan syariah di tingkat nasional. Pesan optimis bahwa Indonesia bisa mengembangkan industri Halal seperti Fashion, wisata halal dan lainnya dapat tumbuh berkembang di Indonesia.

Adapun tantangan yang dihadapi perbankan syariah saat ini adalah harus memiliki inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat. Pelayanan yang prima serta kemudahan dan kenyamanan nasabah harus menjadi prioritas.