Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

FEBI IAIN PEKALONGAN SELENGGARAKAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA

E-mail Print PDF

Photo Bersama Peserta Workshop Kewirausahaan

Kamis, 31 Oktober 2019 bertempat di Meeting Room gedung FEBI IAIN Pekalongan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan workshop dengan tema "Optimalisasi Pengelolaan Bisnis bagi Mahasiswa  dalam Pembelajaran Kewirausahaan" . Acara ini di isi oleh Muhammad Khoirul Fikri M.E.I yang merupakan seorang wirausahawan sekaligus dosen FEBI IAIN pekalongan. Rangkaian acara meliputi pembukaan, acara inti (workshop) dan penutup. Kuat Ismanto M.Ag yang mewakili Dekan FEBI IAIN Pekalongan dalam sambutannya mengatakan bahwa "Berbisnis yang baik adalah mencontoh, mencontoh dalam hal ini adalah belajar dari orang lain. Misalnya mencontoh Chairul Tanjung yang gemar membaca tentang bisnis”. Pada kesempatan ini kita berada pada fase mencontoh/belajar dari Muhammad Khoirul Fikri selaku pemateri workshop dalam berbisnis.

Photo Narasumber Muhammad Khoirul Fikri M.E.I menyampaikan materi workshop

Acara workshop kewiraausahaan di ikuti oleh mahasiswa-mahasiswa FEBI yang sudah memiliki bisnis, baik bisnis dalam skala kecil maupun besar. Acara ini berjalan dengan lancar dan antusiasme peserta sangat baik yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang di lontarkan kepada pemateri. Tujuan dari acara ini yaitu untuk mengoptimalisasi bisnis bagi mahasiwa FEBI melalui diskusi interaktif dan  konstruktif. Peserta diharapkan mampu mengembangkan bisnisnya agar lebih baik dan menjadi wirausahawan yang mandiri serta tidak hanya berorientasi pada kehidupan duniawi namun juga berorientasi akhirat. Seorang wirausahawan harus bisa memulai bisnisnya dengan sungguh-sungguh. Muhammad Khoirul Fikri mengatakan “Dalam berbisnis tidak hanya mencari untung, namun harus menguntungkan” artinya bahwa binis yang kita jalankan tidak hanya memberikan laba bagi kita sendiri namun juga harus bisa memberikan manfaat serta tidak merugikan orang lain. Hal yang dijadikan patokan dalam mengawali bisnis adalah melihat karakter usaha agar sesuai dengan karakter pribadi, apakah anda meyukai usaha tersebut sehingga dalam menjalani bisnis bisa nyaman. Kemudian dalam mengawali bisnis harus berfikir apakah mampu untuk menjalankan usaha trsebut.

Acara Workshop ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kampus dalam bidang entrepreneurship, membentuk mahasiswa menjadi wirausahawan yang mandiri, kreatif dan inovatif serta mampu bersaing secara sehat dalam dunia bisnis khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan yang mengikuti kegiatan workshop.