Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Donor Darah FEBI : Sekantung Darah untuk Kemanusian

E-mail Print PDF

Kegiatan Donor Darah yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan yang merupakan serangkaian acara Febi Kreatif Expo 2019. Kegiatan donor darah dilaksanakan di depan ruang Poliklinik FEBI dimulai jam 09.00-12.00 WIB selama tiga hari tanggal 26-28 Agustus 2019.

Sebanyak 136 calon pendonor hadir mendaftarkan diri dan setelah melewati pemeriksaan awal meliputi berat badan, tekanan darah, hemoglobin (Hb), dan wawancara singkat dengan tim kesehatan PMI Kab. Pekalongan yang mendukung kegiatan ini, jumlah pendonor yang memenuhi syarat sebanyak 85 orang. Para pendonor dengan sabar menunggu giliran untuk diambil darahnya sambil bersilaturahmi di antara mereka.

Dalam pelayanan donor darah tim PMI Kab. Pekalongan selalu mengutamakan kenyamanan para calon pendonor dengan menyediakan 4 tempat tidur dan kursi tunggu serta 4 petugas yang siap melayani pendonor. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Iwan salah seorang yang bertugas bahwa Tim PMI selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi calon pendonor. Di sela waktu menunggu pelayanan tim PMI Kab. Pekalongan juga memberikan pemahaman pentingnya Donor Darah mengingat kebutuhan stok darah di Indonesia semakin tahun semakin meningkat sedangkan persedian stok darah belum tentu mencukupi kebutuhan.

Dikutip dari laman Media Indonesia  (24/6) kebutuhan darah di Indonesia belum terpenuhi seluruhnya. Berdasarkan perhitungan WHO, kebutuhan darah 2% dari jumlah penduduk atau secara nasional 5,2 juta kantong darah dibutuhkan Indonesia setiap tahunnya. Secara data, kebutuhan itu baru terpenuhi sekitar 92%  atau  4,2 juta kantung darah yang berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI). Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga pendonor.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam turut berkontribusi menjadi pendonor darah yang aktif. Kegiatan donor darah ini direncanakan  dapat dilaksanakan secara rutin di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan.(34din)