Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

Seluruh civitas akademika FEBI IAIN Pekalongan bersama jamaah Alkhidmah menyatu dalam kegiatan “FEBI Bersholawat dan Berdzikir” di depan gedung FEBI, jl. Pahlawan 52 Rowolaku Kajen (26/08/2019).

Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Bp. Dr. Zawawi M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan acara pembuka dalam rangkaian kegiatan FEBI Kreatif Expo 2019. Yang sengaja di selenggarakan untuk memperingati Dies natalis fakultas ekonomi dan bisnis islam yang ke 3 (tiga). Kegiatan febi bersholawat dan berdzikir ini bertujuan membekali mahasiswa agar cinta dengan berdzikir, bersholawat dan gemar kumpul dengan orang-orang Soleh. lebih lanjutnya beliau mengatakan bahwa semoga dengan semangat berdzikir ini mahasiswa mampu mengawali perkuliahan dengan jiwa yang siap dan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.karena ALLAH SWT meninggikan derajat orang beriman dan berilmu. Sebagimana Firman ALLAH dalam Quran Al Muzadallah (58) : 11

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah. Niscaya Allah Swt. akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, berdirilah kamu, maka berdirilah. Niscaya Allah Swt. akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Swt. Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (Surah al-Mujadalah/58: 11)

Senada dengan hal itu, Bp. M. Taufiq Abadi (koordinator acara) menuturkan, kegiatan FEBI Bersholawat dan berdzikir ini mengusung tema “Mari bersama-sama dalam majlis dzikir dan maulidurrasul Muhammad SAW, FEBI IAIN Pekalongan berdzikir dalam rangka dies natalis ke- 3 bersama jamaah Alkhidmah” sangat sesuai dengan salah satu tagline IAIN Pekalongan yaitu Spirituality, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi dasar untuk memupuk akhlak dan karakter mahasiswa menjadi insan yang baik. baik untuk dirinya, agamanya, lingkungan sekitarnya serta bangsa dan negaranya.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 18.30 ini diikuti oleh segenap civitas akademika FEBI IAIN Pekalongan, Jamaah Alkhidmah kota / Kabupaten Pekalongan, Batang dan sekitarnya. Serta masyarakat sekitar kampus FEBI. Acara dimulai dengan pembacaan Alfatihah, Istigoshah, Surat Yasin, di lanjutkan dengan pembacaan Al Manaqib, Maulidurrosul SAW, Sambutan – Sambutan, Mau’idhoh Hasanah serta di akhiri dengan doa penutup.

Hadir mengisi mau’idhoh hasanah adalah beliau KH. Ulul Albab dari Pemalang jawa tengah. Beliau berpesan agar “Ketika kita melihat seseorang yang lebih tua dari kita, maka kita memuliakan dan menghormatinya, sebab kita merasa dan menyaksikan bahwa ketaatannya kepada Allah SWT serta mengikuti jejak Rasulullah SAW lebih banyak dari pada kita”.

Demikian juga sebaliknya ketika kita melihat seseorang yang lebih muda dari kita, maka kita menyayangi dan mengasihi, sebab kita merasa dan menyaksikan bahwa kelalaian dan kesalahannya lebih sedikit dari kita.

Jika kita melihat seorang pemeluk agama lain, kita bergaul dengan penuh lemah lembut, dan mendoakannya agar mendapat hidayah dari Allah, karena kita menyaksikan bahwa iman kita berada pada ilmu dan kehendak Allah, Sehingga samar bagi kita, apakah diberi Husnul khotimah atau Su'ul khotimah. Na'udzu Billah Min Dzalik..".

Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan ramah tamah bersama antara Pimpinan FEBI dengan para pengurus Jamaah Alkhidmah

Editor : M.T Abadi