Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF
Selasa, 12 Maret 2019, pukul 15.30 WIB
 
Bapak Dzulfikar, M.Pd sebagai pemateri
 
Unit Kegiatan Mahasiswa Study Club Research (UKM Dycres) IAIN Pekalongan menyelenggarakan acara Kajian Rutin yang kedua yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Kajian dan Keilmuan, pada hari Selasa 12 Maret 2019 bertempat di ruang kelas I2.2 lantai 2 gedung FEBI IAIN Pekalongan. Acara yang bertemakan “Pelatihan SPSS 2”diikuti oleh 19 peserta dengan rincian 15 mahasiswa FEBI dan 4 mahasiswa FTIK IAIN Pekalongan. Kajian Rutin kali ini merupakan pertemuan yang ke-2 dengan pemateri yang sama yaitu Bapak Dzulfikar, M.Pd karena dari Divisi Kajian dan Keilmuan mengharapkan apabila penyampaian materi yang masih sama yaitu Pelatihan aplikasi SPSS dengan pemateri yang sama pula dapat dipahami dengan baik dan kedepannya bisa diterapkan kedalam aktivitas perkuliahan seperti mengerjakan tugas penelitian terutama bagi mahasiswa semester lanjutan yang sudah mendapatkan mata kuliah metodologi penelitian.
 
Pemateri dan Peserta Kajian dalam proses penyampaian materi SPSS
 
Kajian Rutin berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan dilaksanakan pada sore hari karena tujuannya agar mahasiswa FEBI yang kuliahnya hingga sore hari dapat mengikuti kajian rutin tersebut. Acara tersebut sifatnya praktek jadi para peserta yang datang diwajibkan membawa laptop masing-masing dan sudah tersedia aplikasi SPSS nya. Pelatihan SPSS yang ke-2 membahas tentang Regresi Linear Sederhana dimana peserta kajian menginput data kedalam tabel SPSS yang diberikan oleh pemateri kemudian di analisis bersama-sama. Analisis regresi linear sederhana atau dalam bahasa inggris disebut dengan nama sample linear regression digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh satu variable bebas atau variable predictor atau variabel X terhadap variabel Y.
Pelatihan SPSS ini diadakan 2 kali pertemuan yang terbilang cukup singkat untuk mempelajari aplikasi SPSS, namun Bapak Dzulfikar, M.Pd selaku pemateri yang mengisi kajian tersebut sudah mempersiapkan konsep sederhana agar mahasiswa yang mengikuti bisa memahami materi yang telah disampaikan secara baik. Pelatihan SPSS ini dilatarbelakangi oleh keinginan sekaligus untuk kebutuhan para mahasiswa lanjutan terutama bagi mereka yang akan menghadapi ujian akhir yaitu Skripsi, jadi diharapkan dengan adanya pelatihan SPSS ini dapat sedikit membantu dan bermanfaat bagi pihak yang membutuhkannya.