Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

The 3rd ICON-UCE: Tiga Dosen FEBI IAIN Pekalongan Presentasi Hasil Pemberdayaan Masyarakat

E-mail Print PDF

Pekalongan (FEBI, 9/10)-Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) menyelanggarakan The 3rdInternational Conference of University Community Engagement (The 3rdICON-UCE) dengan tema from research to Advocacy: building synergy between university and community for social justice. Kegiatan ini sebagai upaya menjembatani para dosen dalam melakukan publikasi hasil-hasil program pemberdayaan masyarakat pada masing-masing perguruan tinggi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka langsung ajang The 3rd ICON-UCE yang bertempat di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilaksanakan mulai Senin (8/10) hingga Rabu (10/10). Menag berharapperguruan tinggi mampu melahirkan penelitian-penelitian yang lebih aplikatif dengan masalah teraktual masyarakat saat ini serta terpublikasikan.

Dalam The 3rd ICON-UCE tiga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Islam (FEBI) IAIN Pekalongan ikut berpartisipasi sebagai peserta pemakalah direkomendasikandari 149 pemakalah yang terpilih untuk didesiminasikan dan dipublikasikan. Pemakalah yang terpilih telah melalui seleksi yang diikuti oleh para dosen PTKIN dan PTKIS se-Indonesia. Adapun tiga Dosen FEBI yaitu Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH., M.H dengan judul “Ecofeminism Aras Tumah Tangga dan Modal Sosial (Program Pemberdayaan Perempuan di Lahan Kritis Kabupaten Pekalongan), Ade Gunawan, M.M dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunitas Kopi Saptowening Desa Bawang Kecamatan Blado Kab. Batang” dan Muh. Masrur, M.E.I berjudul “Pemberdayaan Masyarakat dalam Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infaq dan Sedekah di Kelurahan Banyurip Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan.

The 3rd ICON-UCE diisi dengan parade presentasi plenary sassy yang mengangkat tema “University Social Responsibility for Social Justice Order: Moral, Philosophical, and Theological Perspective” dan “Learning from Society: Best Practices in Social Empowerment”. Adapun pembicara yang mengisi kegiatan ini diantaranya Minako Sakai, K.H. Husein Muhammad, Nurhady Sirimorok, Farha Ciciek, Hasan Aoni Aziz dan Musoffa Basyir. Dan kegiatan ini diakhiri dengan klinik pengabdian untuk memberikan solusi dan pemahaman bersama dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat bagi para dosen serta perguruan tinggi.