Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

BUKTIKAN AKSI KECENDIKIAWANAN PEDULI LINGKUNGAN: 30 MAHASISWA FEBI PENERIMA BEASISWA BI MEMBUAT LUBANG BIOPORI DI KAMPUS FEBI

E-mail Print PDF

Kajen, sebanyak 30 mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan penerima beasiswa BI yang tergabung dalam GenBI (GenerasiBaru Indonesia), pada hari Sabtu 17 November 2018 bersama dosen pendamping Musofa Basir, MSI melakukan aksi pembuatan lubang biopori di sekitar halaman kampus FEBI IAIN Pekalongan. Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi nyata GenBI IAIN Pekalongan untuk peduli dengan pelestarian lingkungan yang merupakan salah satu program kerjanya.

Menurut Ketua GenBI Komisariat IAIN Pekalongan Vicky Jamalludin, Jumlah anggota GenBI IAIN Pekalongan saat ini ada 50 mahasiswa, 30 dari  FEBI dan 20 dari FASYA.  Selama ini GenBI sudah cukup banyak kegiatan yang dilakukan oleh GenBI, diantaranya di bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang sosial kemasyarakatan termasuk pelestarian lingkungan.

Terkait dengan program pelestarian lingkungan, maka GenBI IAIN Pekalongan telah mencanangkan program 1000 lubang biopori. Salah satu lokasi yang menjadi target pembuatan lubang biopori adalah halaman di sekitar kampus FEBI IAIN Pekalongan, khususnya bagian belakang. Di lokasi ini apabila hujan, masih dijumpai genangan air. Kegiatan pembuatan lubang Biopori di halaman Kampus FEBI IAIN Pekalongan, sebelumnya telah dikomunikasikan dan mendapat lampu hijau dari Dekan FEBI Dr. Shinta Dewi Rismawati, MH. Dekan menyambut baik kegiatan GenBIini, karena aksi nyata GenBI dalam pembuatan lubang biopori akan mendampak positif bagi pelestarian lingkungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lubang biopori sangat bermanfaat untuk resapan air, menambah kesuburan tanah, dapat di manfaatkan untuk pembuangan sampah organic yang bisa di panen atau pun bisadisedaqohkanuntukbumidan yang tidakkalahpentingadalahmampumeningkatkankawasanhijau di sekitar kampus FEBI IAIN pekalongan.

MusofaBasir, MSI selaku dosen pendamping dalam kegiatan pembuatan lubang biopori mengatakan bahwa mahasiswa perlu dilibatkan dalam aksi pelestarian lingkungan, seperti pembuatan lubang biopori di sekitar kampus IAIN Pekalongan, maupun tempat lainnya. Di masa mendatang, selain pembuatan lubang biopori, GenBI juga akan dilibatkan dalam program memanen air hujan (Elektrolissasi Air Hujan) yang rencananya juga akan dilakukan di kampus FEBI IAIN Pekalongandanwilayah lain di Pekalongan.