Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

FEBI IAIN PEKALONGAN MENJADI CO HOST DALAM ISIEB 2018 DAN HADIRI RAKOR AFEBIS DI YOGYAKARTA

E-mail Print PDF
MEMPERLUAS JEJARING :FEBI IAIN PEKALONGAN  MENJADI  CO HOST DALAM  ISIEB 2018 DAN HADIRI RAKOR AFEBIS DI YOGYAKARTA
 
Yogyakarta, FEBI IAIN Pekalongan menjadi salah satu Co-Host dalam kegiatan International Seminar on Islamic Economics and Business (ISIEB) 2018 yang diselenggarakan oleh FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ISIEB 2018 mengusung tema “Building Synergy between Halal Sector and Islamic Financial Industry in the Disruption Era :Opportunity and Challenge” tersebut diselenggarakan pada tanggal 14-15 November 2018 di New Saphir Hotel Yogyakarta. Kegiatan ini tidak saja bermanfaat untuk mendapatkan pencerahan dari para narasumber yang kompeten di bidangnya baik akademisi maupun praktisi yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Ajang ini juga dimanfaatkan oleh presenter yang telah berpartisiapasi dengan mengirimkan papernya untuk mendesiminasikan hasil-hasil risetnya. Selain itu kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jejaring dalam rangka penguatan kelembagaan FEBI IAIN Pekalongan.
 
Acara ISIEB 2018 di buka secara langsung Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH Yudian Wahyudi, Ph.D. Sedangkan narasumber yang dihadirikan dalam acara tersebut, antara lain :  Darmin Nasution  (Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia), Prof. Abdulazeem Abozaid ( International Islamic University Malaysia), Prof Thaher Mansoori (International Islamic University of Islamabad), Prof Fauzi (UTEM Malayasia) Hernawan Kartajaya (Markplu.inc), Salman Subakat (CEO Wardah) Hadi Santoso (Direktur BRI Syariah) dan Sukma (KPL  BSM Area Jateng DIY). Kegiatan seminar international cukup meriah karena banyak dihadiri peserta baik dari PTKI, maupun PTU baik sebagai tamu undangan maupun peserta yang menjadi presenter melalui skema  call paper ISIEB 2018.
 
Setelah sesi paparan dari para narasumber, maka acara dilanjutkan dengan penandatangan MOU antara FEBI IAIN Pekalongandan FEBI UIN Sunan Kalijaga sebagai Co-Host ISIEB 2018
 
 
Sebagai Co-Host ISIEB 2018, maka FEBI IAIN Pekalongan berhak untuk mengirimkan dosen-dosen FEBI IAIN Pekalongan mempresentasikan makalahnya di acara tersebut. Adapun Dosen yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut antaralain :Dr. AM. M. Hafidz M, M.Ag dan Tamamuddin, SE MM dengan papernya berjudul : The Pattern of Shariah Supervisisory Board :  Evidence From The Cooperative of Shariah Saving and Financing Pekalongan, KuatIsmanto, MA.g dan Nalim, MSi papernya berjudul : Empirical Study of Community Interest to Islamic Insurance Products, dan Dr. Shinta Dewi Rismawati, MH , Drs. A. Tubagus Surur, MA.g dan Moch.ArisSyafi’i, M.E I dengan papernya berjudul :Keeping Social Harmony In The Conflict of Batik Business (A Case Study In Pekalongan, Indonesia).
 
Selain acara seminar internasional, maka kegiatan lain yang diselenggarakan adalah pertemuan anggota-anggota AFEBIS (Assosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) PTKI, dengan. kegiatan yang dilakukan antara lain adalah Rapat Koordinasi AFEBIS  yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dr. M. Arief Mufraini Lc M.Si didamping Sekjennya Dr. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H.. Adapun agenda yang dibahas dalam rapat tersebut adalah pemaparan tentang SKL dan CPL Prodi S.2 Ekonomi Syariah. Paparan tersebut penting disampaikan agar ada standarisasi dalam merumuskan SKL dan CPL dengan mengacup ada peraturan yang berlaku yakni Perpres No 8 Tahun 2012 tentang KKNI. Dalam rakor tersebut juga disampaikan bahwa dalam waktu dekat yakni tanggal 27-29 November akan diadakan Kongres AFEBIS  II di Padang. Di akhirsesi, maka diadakan gala dinner dan CEO Talks yang dipanduoleh Dr. Ade Sofyan,  MH