Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

Rabu, 7 Nopember 2018, pukul 01.05 Wib

Dekan FEBI IAIN Pekalongan bersama OC acara peltihan riset dasar.

Study Club Researcah (Dycres) IAIN Pekalongan adalah UKM yang fokus pada penulisan karya tulis ilmiah, menyelenggarakan acara Pelatihan Riset Dasar, pada hari Sabtu dan Minggu (27 dan 28/10/2018) bertempat di ruang meeting, tepatnya di ruang M1 lantai 3 gedung FEBI IAIN Pekalongan. Acara yang bertemakan “ Pelatihan dasar sebagai langkah awal dalam menumbuhkan jiwa riset Mahasiswa” di ikuti oleh 74 peserta dari semua jurusan yang ada di FEBI IAIN Pekalongan, antara lain Ekos, PBS dan Aksya. Dalam sambutan pembukaan yang disampaikan langsung oleh Sukirno selaku ketua study club research (Dycres), mengajak pada semua peserta yang hadir untuk mencintai riset,  meneliti itu butuh cinta karena akan membuat kita senang dan terbiasa,  karena sejatinya cinta itu bisa datang karena kebiasaan atau bahasa jawanya witing tresno jalaran soko kulino demikian kata Sukrino.

Ketua Dycres dalam sambutan pembukaan.

Acara yang digelar dua hari itu menghadirkan dua nara sumber. Nara sumber pertama adalah Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H. (Dekan FEBI IAIN Pekalongan), yang membahas tentang metodologi penelitian. Metode penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian yang meliputi antara lain : prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan dengan langkah apa data-data tersebut diperoleh dan selanjutnya diolah dan dianalisis, demikian kata Dr. Shinta.

Dan nara sumber yang ke dua adalah Bambang Sri Hartono, M.Si (Dosen FEBI IAIN Pekalongan) yang membahas tentang Metode pengambilan data. Riset sangat memerlukan data, untuk itu pengambilan data merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah riset atau penelitian. Selain masalah yang diteliti, data juga menjadi acuan dasar penelitian yang harus ada dan berkaitan dengan tema penelitian yang di lakukan. “Kata Bambang”.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan studi lapangan di Desa lemahabang Kecamatan Doro kabupaten Pekalongan, dengan mengambil data penelitian lewat wawancara yang dilakukan semua peserta pelatihan riset dasar, diharapkan dengan terjun langsung ke lapangan, peserta akan mengerti bagaimana data diambil selanjutnya di olah.

Panitia pelaksana bersama peserta pelatihan riset dasar

Dekan FEBI IAIN Pekalongan Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H. dalam bincang santai setelah selesai acara Pelatihan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk menumbuh kembangkan minat mahasiswa terhadap karya tulis ilmiah, hal ini seusai dengan Misi IAIN Pekalongan “Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian bagi kepentingan ke-Indonesiaan dan kemanusiaan”. (bsh)