Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Moment Pembekalan Softskill Bagi Calon Wisudawan : Ajang Menyiapkan Alumni FEBI IAIN PEKALONGAN Siap Memasuki Dunia Kerja

E-mail Print PDF

Pekalongan – Rabu, 3 Oktober 2018, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan secara resmi melepas 245 mahasiswa menjadi alumni FEBI,acara ini dilangsungkan di halaman FEBI Jalan Pahlawan No. 52 Kajen Kabupaten Pekalongan dan dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Kajur, Sekjur, Para Dosen FEBI serta Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan.

Pelepasan calon wisudawan S1 Jurusan Ekonomi Syariah Ke 36 dan D3 Jurusan Perbankan Syariah Ke 22 di buka oleh Dekan FEBI Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, SH., M.H.  ditandai secara simbolis dengan pemakaian toga untuk 2 calon wisudawan yang mewakili masing-masing Jurusan dan pembacaan SK Kelulusan oleh Kasubag AKMA Bapak M. Hamdi, S.Ag., M.H. Adapun acara yudisium dan pelepasan calon wisudawan periode Bulan Okteber 2018 berjumlah 245 mahasiswa dengan rincian  168 mahasiswa dari Jurusan S1 Ekonomi Syari’ah dan 77 mahasiswa dari Prodi D3 Perbankan Syariah. Dari segi gender, acara inidiikuti oleh 55 wisudawan dan 90 wisudawati. Hingga saat ini, tercatat FEBI IAIN Pekalongan sudah memiliki 845 Alumni S.1 Ekonomi Syariah dan 749 Alumni D.3 Perbakan Syariah.

 

Dalam sambutannya, Dekan selain menyampaikan ucapan selamat dan menngucapkan rasa bersyukurnya karena FEBI dalam 1 tahun terakhir di setiap wisuda lulusannya lebih dari 200 mahasiswa. Prestasi ini cukup membanggakan karena target lulus tepat waktu semakin menjadi kenyataan, apalagi wisudawan terbaik di tingkat institute kali ini diraih oleh mahasiswa Program Studi EKOS FEBI IAIN Pekalongan. Dalam sambutannya, Dekan juga memberikan motivasi kepada calon wisudawan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan hidup, akan tetapi langkah awal bagi alumni untuk menuju tangga berikutnya, yakni memasuki laboratorium sosial yang sebenarnya,  oleh karena itu semangat, kerja keras, pantang menyerah serta doa tetaplah dilakukan. Dekan juga berpesan agar alumni tetap menjaga nama baik almaternya, memiliki rasa keterkaitanerat dengan almamaternya, sehingga partispapasi dan kontribusi alumni untuk kemajuan FEBI IAIN Pekalongan menjadi suatu keniscayaan. Dekan juga menyampaikan terimakasih kepada alumni yang akan di wisuda pada tanggal 6 Oktober2018  telah memberikan kontribusi bagi pengembangan FEBI IAIN Pekalongan. Kontribusi alumni tersebut akan menjadi investasi amal baik di dunia dan akhrihat.
Selain itu, Dekan dalam sambutannya juga mengapresias
i bahwa pelepasan wisuda kali ini tergolong istimewa karena tidak sekedar yudisium dan pelepasan calon wisudawan, tetapi lebih dari itu mendatangkan seorang praktisi dari perusahaan sarung ternama yakni Kepala HRD P.T. Behaestex Pekalongan. Dekan berharap bahwa PT Behaestex Pekalongan mau mengembangkan kerjasama lebih lanjut dengan FEBI IAIN Pekalongan, baik dalam bentuk akademik maupun non akademik, termasuk merekrut alumni FEBI untuk bekerja di Perusahaannya.

Dalam pemaparan materinya, Bapak Erwin, SH MHmenjelaskan bahwa mahasiswa kupu kupu yaitu pergi ke kampus, lanjut ke warung dan pulang ke rumah masa depannya tidak cerah, karena sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungan, sebaliknya mahasiswa yang aktif berbagai kegiatan baik di kampus maupun di masyarakat akan mudah meraih masa depan sesuai harapannya, karena aktif berkomunikasi, mudah sosialisasi dengan lingkungan dan dapat di terima dengan baik oleh masyarakat di mana ia berada. Beliau menjelaskan langkah-langkah strategis sebagai persiapan terjun di dunia kerja dengan mempersiapkan tes DISC atau 4 kepribadian, yaitu: Pertama; Dominan, yaitu memiliki kepribadian memimpin, senang berbicara, optimis, individu yang percaya diri dan memiliki visi yang besar untuk mengubah lingkungannya. Kedua; Influence, yaitu memiliki kepribadian senang bergaul, flexibel, aktif berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Ketiga; Compliance, yaitu memiliki kepribadian disiplin, teratur, konsisten, tekun, mengikuti prosedur dan tanggung jawab. Keempat; Steadiness, yaitu memiliki kepribadian sabar, tekun dan penuh perhatian, pembawaan tenang, tidak mudah bosan terhadap pekerjaan rutin.

 

Setelah paparan materi dari narasumber dari PT BEHAESTEX Pekalongan, tentang motivasi dan kiat-kiat memasuki dunia kerja, maka acara dilanjutkan dengan pemberiaan penghargaan bagi lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penghargaan tersebut diberikan kepada mahasiswa terbaik ke-1 dari Jurusan Ekonomi Syari’ah bernama Anni Malyca dengan IPK 3,93 dan mahasiswa terbaik ke-1 dari Jurusan Perbankan Syariah bernama Uswatun  Hasanah dengan IPK 3,92.

Dalam acara tersebut, para calon wisudawan menyerahkan kontribusi kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEBI dalam bentuk barang dengan beragam jenis, diantaranya buku-buku ekonomi dan perbankan syariah senyak 10 buah, kitab suci al-Qur’an 5 buah, mukena 5 set, tempat sampah 8 buah, rumput gajah 40 m2, tanaman hias ukuran besar beserta pot berjumlah 2 buah dan tanaman hias ukuran kecil beserta pot berjumlah 50 buah. Semoga apa yang telah diberikan calon wisudawan FEBI menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah dan manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan oleh mahasiswa-mahasiswi FEBI.

Selamat wisuda, selamat merintis karir, semoga sukses selalu amin...