Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Pembekalan PPL Perbankan Syariah 2018

E-mail Print PDF

Pembekalan_PS01

Pekalongan– Sebanyak 136 Mahasiswa semester 6 jurusan D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan, Selasa (30/01) kemarin berkumpul di ruang Meeting Room Lt.3 gedung baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Kajen Kab.Pekalongan. Mereka mengikuti pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh pihak Fakultas. Kegiatan pembekalan PPL tersebut dilaksanakan sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL yang dijadwalkan berlangsung antara tanggal 7 Februari sampai dengan 23 Maret 2018. Dengan mengikuti pembekalan PPL ini, diharapkan mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan PPL dengan lancar dan sukses.

Acara pembekalan PPL tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan, Bapak Dr. AM. M. Hafidz M, M.Ag‎. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya acara pembekalan PPL tersebut, beliau mengharapkan kepada seluruh mahasiswa agar dapat mengikuti dan memperhatikan apa-apa yang akan disampaikan oleh pemateri sebagai bekal yang sangat berguna selama mengikuti kegiatan PPL nanti.

"PPL ini merupakan salah satu dari rangkaian perkuliahan yang harus kalian tempuh, dengan mendatangkan narasumber yang kompeten dari lembaga keuangan syariah, harapannya nanti dapat memotivasi adik-adik mahasiswa semua, untuk itu mohon agar didengarkan dan diperhatikan baik-baik apa yang akan disampaikan oleh pemateri karena akan sangat berguna tentunya untuk pembekalan kalian sebelum melaksanakan PPL,"kata Bapak Dr. AM. M. Hafidz M, M.Ag dalam sambutannya.

Dalam acara pembekalan PPL mahasiswa jurusan Perbankan Syariah tersebut, diundang narasumber, yaitu Bapak Nur Muhlis Cahyadi, S.E., yang merupkan praktisi lembaga keuangan syariah (BMI Pekalongan) perbankan syariah. Beliau memberikan beberapa masukan-masukan dan motivasi untuk para mahasiswa serta menjelaskan tentang proses kerja di Bank Syariah dan juga berbagai permasalahan yang sering dihadapi mahasiswa selama melaksanakan PPL serta solusi yang bisa ditempuh mahasiawa untuk mengatasinya. Beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PPL dengan agar dalam pelaksanaannya harus dengan niat ikhlas dan bersungguh-sungguh, disiplin, dapat menjaga etika, sopan santun serta menjaga nama baik fakultas.

"Perlu dingat ya adik-adik mahasiswa, dalam mengikuti kegiatan PPL ini kalian harus mempunyai Niat yang ikhlas dan bersungguh-sunggu. Di tempat magang nanti kalian sudah bisa mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari sebelumnya dibangku perkuliahan, dan tips dari saya jangan lupa untuk berusaha agar bisa disiplin, menjaga etika dan sopan santun, kemudian yang terpenting lagi adalah jangan takut salah, kalau sedang mengerjakan sesuatu di tempat magang dan kalian belum paham maka jangan malu untuk bertanya. Karena pada dasarnya kalian juga sedang belajar."Pesan Bapak Muhlis, kepada mahasiswa.

Acara ditutup oleh penjelasan dari Kepala Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan, Bapak Tamamudin S.E, M.M., yaitu terkait absensi mahasiswa, pembuatan laporan dan penilaian PPL. Beliau menjelaskan bahwa untuk memudahkan pelaksanaan PPL dan juga pembuatan laporan, setiap mahasiswa akan diberikan dosen pembimbing yang nama-namanya dosen pembimbingnya sudah tertera dibuku pedoman PPL.

"Sebagai acuan melaksanakan PPL dan pembuatan laporan PLL, Mohon dengan sangat kepada para mahasiswa agar buku pedoman PPL yang sudah dibagikan wajib untuk dibaca dan dipahami secara seksama, dan juga untuk memudahkan pembuatan laporan, setiap mahasiswa akan memiliki Dosen pembimbing Lapangan juga yang namainama dosen pembimbingnya sudah tertera di buku pedoman PPL." Jelas Bapak Tamamudin.