Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Academic Writing for Student: Perkembangan Riset Ekonomi Syariah Dunia

E-mail Print PDF

Academic Writing for Student: Perkembangan Riset Ekonomi Syariah Duni

11-gdjsg67

Gambar narasumber M. Shulthoi, Lc., MA., M.SI. kandidat doktor IIUM Malaysia sedang memberikan Pelatihan Penulisan Karya Tulis

Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah, khususnya penelitian untuk tugas akhir (skripsi), Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menyelenggarakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dengan tema “Academic Writing for Student: Inspirasi Riset Ekonomi Syariah Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tingkat Akhir”.

Acara ini diselenggarakan di aula gedung pascasarajana IAIN Pekalongan baru baru ini. Hadir sebagai narasumber M. Shulthoi, Lc., MA., M.SI. kandidat doktor IIUM Malaysia. Acara ini juga dihadiri segenap pengelola jurusan, Agus fakhrina, M. SI. Selaku ketua jurusan. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian yang baik. Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa bisa lulus cepat dan berkualitas.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan, Dr. Shinta Dewi Rismawati, MH. Secara khusus, ia menyampaikan dalam sambutannya bahwa penelitian yang baik akan berguna bagi masyarakat. Ia mencontohkan penelitian disertasinya yang telah mengantarkannya ke berbagai even dan menjadi rujukan bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan. Dalam kesempatan ini pula, acara dibuka secara resmi oleh dekan.

Selanjutnya acara dipandu oleh sekretaris jurusan Kuat Ismanto, M. Ag. sampai acara parpurna. Dalam acara ini mahasiswa diajarkan beberapa hal, diantaranya cara menyusun proposal, mencari literatur melalui mendeley, google scholar, dan lain sebagainya. Selain itu, juga hal-hal penting terkait dengan unsur pokok sebuah proposal akademik berkualitas. Narasumber juga menyampaikan perkembangan riset ekonomi syariah dunia sebagai pembanding perkembangan riset di tanah air.

Acara diakhiri dengan permintaan testimoni kepada para mahasiswa sebagai peserta atas acara ini. Hampir seluruh mhasiswa menyampaikan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi mereka. Terutama dalam menyusun penelitian skripsi.

Lampiran Foto Kegiatan

5-ueou28682

Gambar Foto Bersama dengan Narasumber

2-zcxgcasj4624

Gambar Sesi Tanya Jawab Kepada Peserta

12-dsjs897

Gambar Ketua Jurusan EKonomi Syariah FEBI IAIN Pekalongan Bpk. Agus Fakhrina, M.S.I. sedang memberikan sambutan

1-acs712

Gambar Dekan FEBI IAIN Pekalongan (Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawatim S.H., M.H.) sedang membuka acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

10-swgqj2173

Gambar Narasumber (M. Shulthoi, Lc., MA., M.SI.) sedang memberikan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

7-pqi786

Gambar Narasumber M. Shulthoi, Lc., MA., M.SI. (sebelah kanan) dan Sekretaris Jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Pekalongan Bpk. Kuat Ismanto, M.Ag. (sebelah kiri)