Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Bersiap Terakreditasi Sinta 1, Pengelola IJIBEC Selenggarakan Focus Group Discussion

E-mail Print PDF

ijibec2021-13635

Selasa (17/11), bertempat di Hotel Dafam Pekalongan, pengelola International Journal of Islamic of Islamic Bussiness and Economics (IJIBEC) FEBI IAIN Pekalongan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Jurnal IJIBEC menuju Sinta 1. Menjadi pemateri dalam kegiatan ini adalah Dr. Sumiyana, M.Si., Lalu Abdullah Amin, dan Zhafirah Salsabil, pengelola Gadjah Mada International Journal of Bussiness, serta Bagaskara Handoko dari Springer Nature Indonesia.

Kegiatan FGD ini dilaksanakan secara blended (offline dan online) dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hadir sebagai peserta adalah pengelola jurnal IJIBEC, dan jurnal-jurnal lain di IAIN Pekalongan.

ijibec2021-1915840

Kegiatan FGD ini dibuka secara langsung oleh Dekan FEBI, Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa IJIBEC merupakan salah satu jurnal baru di IAIN Pekalongan yang saat ini telah terakreditasi Sinta 2 dan berkeinginan untuk naik dan terakreditasi Sinta 1. “Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Dr. Sumiyana, M.Si. dan tim menjadi pemateri dalam kegiatan ini dan mengizinkan pengelola IJIBEC dan pengelola jurnal lain di IAIN Pekalongan untuk belajar dan menimba ilmu dari pengelola Gama IJB”, tambah Bu Shinta.

Dalam paparan materinya Dr. Sumiyana, M.Si., menjelaskan bahwa sebaiknya pengelola mengejar agar IJIBEC terindeks Scopus, sehingga secara otomatis akan terakreditasi Sinta 1.  “Dalam mengelola jurnal Gama IJB kami selalu mengutamakan kualitas. Tiga hal yang dapat menjadi kunci dalam pengelolaan jurnal, yaitu Quality, Relevancy, dan Diversity”, tambah beliau.

Materi kedua disajikan dari Springer Nature Indonesia, oleh Bagaskara Handoko yang membahas publikasi karya ilmiah di Jurnal Internasional. Kegiatan yang diikuti peserta dengan antuasias ini ditutup dengan foto bersama. Kegiatan FGD dilanjutkan sesi penjelasan teknis pengelolaan jurnal dalam mencapai terindeks Scopus oleh Lalu Abdullah Amin, dan Zhafirah Salsabil. Kegiatan yang diikuti peserta dengan antuasias ini ditutup dengan foto bersama.

ijibec2021-1910831