Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

TIGA JURUSAN DI FEBI IAIN PEKALONGAN SELENGGARAKAN PPL ONLINE DARI RUMAH

E-mail Print PDF

PEKALONGAN, FEBI--Sebagai bagian dari upaya untuk tetap menyelenggarakan kegiatan akademik di tengah wabah pandemi Covid-19, FEBI IAIN Pekalongan menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara online yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari rumah. Selanjutnya kegiatan ini disebut dengan PPL DR. Bentuk kegiatan seperti ini dipilih sebagai upaya untuk meminimalisir mobilitas dan kontak fisik manusia yang dapat memperbesar potensi risiko terpapar virus Covid-19, terlebih beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah masih berkategori merah dan oranye. Selain itu, kegiatan PPL juga selaras dengan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan PPL yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari tiga Jurusan, yaitu S1 Ekonomi Syariah, S1 Perbankan Syariah dan S1 Akuntansi Syariah ini dimulai sejak penghujung bulan Juni dan berakhir pada Agustus 2020. Secara umum ada dua jenis bidang garapan yang dilakukan oleh peserta PPL DR, pertama Literasi dan  yang kedua Pengembangan Konsep Keilmuan. Dua bidang garapan ini disesuaikan dengan jurusan peserta PPL DR.

IGTV-PPL-DR

Photo Live Instagram ekos_iainpkl acara Pembekalan DR

Hampir seluruh proses dan tahapan pelaksanaan kegiatan PPL DR dilaksanakan secara online, mulai dari pendaftaran, koordinasi DPL, pelaksanaan dan pelaporan. Khusus untuk pembekalan PPL DR Jurusan Ekonomi Syariah menggabungkan pola offline dan online bagi mahasiswa dan dosen FEBI yang menjadi Dosen Pemimbing Lapangan (DPL) PPL DR. Pembekalan PPL ini dihadiri oleh perwakilan dari 32 kelompok mahasiswa. Pembekalan PPL ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai proses dan capaian-capaian dari PPL sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL di masa pandemi Covid-19 ini.

Menghadirkan nasarasumber Bapak M. Iqbal Notoatmodjo, M.S.I. dengan materi Personal Branding. Dalam paparanya, narasumber menjelaskan pentingnya Personal Baranding bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi/ketrampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya. Mulai dari hal-hal yang dibutuhkan dalam melakukan personal branding dan macam serta fungsi dan tujuan dari personal branding itu sendiri.

PPL-DR

Photo Pembekalan PPL DR

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ketua Progam Studi Ekonomi Syariah M. Aris Safi’i, M.E.I.  yang menjelaskan secara teknis mengenai pelaksanaan PPL kali ini dengan menekankan ada dua bidang garapan yang disesuaiakan dengan peminatan masing-masing mahasiswa. Bidang garapan terdiri dari bidang garapan literasi dan karya ilmiah yang akan dipilih oleh mahasiswa. Bidang garapan baik literasi maupun karya ilmuah tetap harus berdasarkan kajian observasi lapangan sehingga diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat sekitar. Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh kedua narasumber mengingat kegiatan ini PPL DR adalah hal yang baru.
(Hafidz – Happy)