Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Berpartisipasi dalam International Short Course di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

E-mail Print PDF

International-Short-Course

International Short Course telah selesai dilaksanakan pada tanggal 7-13 Oktober 2019 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara yaitu Thailand, Malaysia, Suriah, Korea Selatan, Tiongkok, Brunei Darussalam, dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah. IAIN Pekalongan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam  Negeri (PTKIN) yang sedang berada dalam progres yang baik, melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) turut mendelegasikan mahasiswanya sebagai peserta yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Arif Muslikhul, mahasiswa jurusan ekonomi syariah.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Understanding Islamic Social and Microfinance : Its Relevance and Contribution to Economic Development”. Rangkaian kegiatan berjalan dengan sangat baik dan terstruktur. Berbagai macam materi yang berkaitan dengan tema kegiatan disampaikan dengan baik oleh beberapa pemateri yang berasal dari berbagai lembaga baik dari dalam negeri. Pada setiap akhir sesi dari materi yang disampaikan para peserta diberi kesempatan bertanya langsung kepada narasumber sehingga terjadi diskusi yang menarik dalam forum.

Selain itu, terdapat juga sesi khusus yaitu FGD (Focus Group Discussion) untuk mendiskusikan mengenai materi yang telah didapatkan dari para narasumber. Setiap peserta memberikan pendapat masing-masing untuk mengungkapkan opininya tentang Islamic Social and Micro Finance, dan juga menananggapi topik diskusi yang disajikan oleh moderator mengenai bagaimana implementasi dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber.

Pada kegiatan International Short Course ini, para peserta juga berkesempatan menghadiri seminar internasional yang bertema “Strenghtening Developing Countries Readiness Toward Islamic Finance and Banking sustainability”. Pembicara dalam seminar tersebut yaitu Prof. Hajime Kimizama Assoc. dari Jepang, Assoc. Prof. Dr. Mohamed Asmy dari International Islamic University Malaysia, Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag. yang merupakan rektor UIN Sumatera Utara Medan, dan juga Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc.Fin. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada tanggal 12 Oktober 2019 atau pada hari ke-enam dalam kegiatan tersebut, para peserta International Short Coure melakukan kunjungan ke kantor pusat BMT Beringharjo yang merupakan salah satu lembaga microfinance yang sukses. Di sana para peserta mempelajari bagaimana pelaksanaan program-program dari BMT tersebut serta terdapat pula dua orang wirausahawan yang turut menjadi pembicara dan membagikan cerita suksenya kepada para peserta.

Kegiatan ditutup dengan acara Gala Dinner yang dilakukan di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga. Pada acara tersebut juga terdapat pemberian penghargaan pada beberapa peserta dan juga hiburan baik dari band pengisi acara, panitia, para dosen, dan para peserta yang melakukan perform pada malam tersebut. Sementara itu rangkaian terakhir dari kegiatan Internation Short Course ini yaitu refreshing dan outbond di Pantai Cemoro Sewu serta mengunjungi situs bersejarah Candi Prambanan.