Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

WORKSHOP PKM 2019 FEBI IAIN PEKALONGAN KEMBANGKAN PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM

E-mail Print PDF

Photo Bersama Peserta Workshop dan Narasumber

Selasa 10 September 2019 bertempat di Aula Kelurahan Simbangkulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FEBI IAIN Pekalongan, mengadakan Workshop Pengembangan Pemasaran Digital. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap Dosen. Ada 3 Dosen yang terlibat dalam PkM di Simbangkulon yaitu (1) Agus Fakhrina, M.S.I., (2) Kuat Ismanto, M.S.I dan (3) Muh. Izza, MSI. Misi kegiatan ini adalah tercapainya kemandirian ekonomi desa melalui terbentukanya UMKM dengan memiliki sebuah ‘rumah’ digital. Selain itu terbentuknya suatu pemasaran yang termanaj dan tersistem dengan digital.

Narasumber acara ini berasal dari tiga unsur, yaitu dari Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan Bapak Anis Rosyidi, M.Si, Dinas Perindagkop-UKM  Bapak Bambang Sulistiawan, SH dan Dosen IAIN Pekalongan Bapak Jauhar Ali, M.Pd.I. Dinas Kominfo dalam paparannya menyebut di Indonesia telah ada 59 juta UMKM dimana hanya 7,7 % yang  masih berjualan secara online di platform e-commerce. Di Kabupaten Pekalongan, Dinas Kominfo selain mengarahkan UMKM agar terdaftar di OSS (Online Single Submission) atau Sistem Perizinan, Diskominfo juga berusaha agar UMKM terintegrasi secara elektronik yang dikembangkan melalui Pekalongan Smart Regency. Dinas Perindagkop-UKM dalam penjelasannya telah memberikan fasilitasi bagi UKM/IKM untuk bekerjasama melakukan sinergitas digital. Dinas sangat mendukung UKM/IKM  dalam menyiapkan diri untuk melakukan tranformasi digital. Selain itu Dinas mendorong start-upberteknologi untuk lebih banyak hadir memberikan inovasi teknologi yang tepat bagi UKM/IKM. Sedang narasumber ketiga, Bapak Jauhar Ali, M.Pd.I memberi penjelasan bahwa media web blog merupakan “rumah” bagi wirausaha dan pengusaha termasuk UMKM-UKM. Menurutnya Tim PkM IAIN Pekalongan yang telah memberikan fasilitas ‘rumah’ sebagai pemasaran pada media web blog untuk dimanfaatkan secara maksimal. Media ini dapat di link-kan ke dalam aplikasi seperti marketplace dan medsos yang terintegrasi, sebab dalam media web blog bisnis ada menu didalamnya. Menurutnya hampir setiap institusi membutuhkan media digital guna mengoptimalkan lembaganya. 

 

Dinas Perindagkop-UKM  Bapak Bambang Sulistiawan, SH sedang memberikan materi Workshop

 

Sebelumnya Tim PkM telah melakukan Focussed Group Discussion (FGD) dengan merumuskan empat formulasi kluster dari 5 kluster selama pengindentifikasian yaitu (1) Kluster Produksi Batik (5 orang), (2) Kluster Pemasaran Batik (7 orang), (3) Kluster Fashion (8 orang), dan (4) Kluster Kuliner (4 orang). Selanjutnya keempat kluster dibuatkan masing-masing sebuah web blog sebagai fasilitasi bagi UMKM, keempat web blog tersebut adalah (a) Web Blog: http//www. Fashiongetren.com, (b). Web Blog: http//www. batikpekalonganproduction.com, (c). Web Blog: http//www. bossbatiksk.com, dan (d) Web Blog: http//www. jajnlarispekkalongan.com.Kajur Ekonomi Syariah Agus Fakhrina, MSI berharap keempat web blog yang diberikan oleh Tim PkM kepada masyarakat dapat bermanfaat, paparnya.