Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

GUNA MENINGKATKAN AKSES DAN MUTU LAYANAN BIDANG BAKAT-MINAT, FEBI OPTIMALKAN PERAN CDC MELALUI ASSESEMENT TEST MINAT KARIR DAN CAREER COUNSELING BAGI MAHASISWA

E-mail Print PDF

Pekalongan, FEBI (18/11/2019) – Menindaklanjuti sosialisasi tentang akan adanya program assesement tes minat karir dan potensi diri dari Career Development Center (CDC) pada saat workshop pelatihan soft skill dan technical skill (12-13/11/2019), tim kerja CDC FEBI IAIN Pekalongan beserta dosen-dosen yang berkompeten di bidang pengembangan SDM bahu membahu merumuskan instrumen untuk assesement tersebut. Instrumen yang disusun terdiri dari dua tes, yaitu tes minat karir dan tes potensi diri. Tes minat karir di susun berdasarkan teori minat karir yang dikemukakan oleh John L. Holland. Tes minat karir ini bertujuan untuk dapat mengetahui kecenderungan minat pada bidang tertentu. Sementara itu, tes potensi diri bertujuan untuk mengetahui potensi kecerdasan pada diri mahasiswa.

Assesement yang dijalankan selama periode kurang lebih 2 minggu mendapat respon positif dari mahasiswa, khususnya mahasiswa semester 5 dan 7 FEBI IAIN Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengembalian lembar jawab assesement yang cukup tinggi. Mahasiswa terlihat sangat antusias karena mereka ingin mengetahui potensi yang ada pada dirinya dan juga mengetahui potensi karir yang sesuai dengan dirinya.

 

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan assesement, CDC FEBI IAIN Pekalongan mengadakan program career counseling untuk mahasiswa yang sudah berpartisipasi dalam assesement tes minat karir dan potensi diri tersebut. Career Counseling ini merupakan kegiatan yang membantu mahasiswa dalam menemukan potensi karirnya maupun membantu mahasiswa dalam memilih tempat kerja sesuai dengan hasil assesement dan wawancara lanjutan. Career Counseling dilakukan oleh tim CDC FEBI bekerja sama dengan dosen-dosen yang berkompeten di bidang pengembangan SDM. (Yudha/Hafidz)