Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

UNTUK TINGKATKAN KAPASITAS MENELITI, DOSEN FEBI IKUTI WORKSHOP NVIVO 12+

E-mail Print PDF

FEBI, Pekalongan—Keberadaan teknologi tidak bisa dilepaskan dari berbagai aspek kehidupan seorang dosen, tidak terkecuali dalam melaksanakan penelitian. Berangkat dari hal tersebut maka dosen perlu membekali diri dengan seperangkat teknologi yang dapat menunjang proses-proses penelitian. Terkait dengan hal tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan menyelenggarakan Workshop Metodologi Penelitian: Aplikasi Nvivo 12+ untuk Riset Kualitatif bagi dosen FEBI IAIN Pekalongan. Workshop dilaksanakan pada Selasa s.d Rabu, tanggal 29 s.d 30 Oktober 2019, bertempat di Hotel Horison Pekalongan.

Photo Dekan FEBI Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, M.H. (Kiri), Wakil Rektor 1 Dr. H. Muhlisin, M.Ag. (Tengah),
dan Narasumber Dr. Sihar Tambun dari NV Consultant Indonesia (sebelah kanan )

Hadir sebagai nara sumber/fasilitator adalah Dr. Sihar Tambun dari NV Consultant Indonesia. Kegiatan diikuti oleh 40 dosen FEBI. Pada acara pembukaan, Wakil Dekan 1 Dr. AM. M. Hafidz melaporkan kepada Rektor dan Dekan bahwa riset kualitatif selama ini terkesan berjarak dengan pemanfaatan teknologi dan aplikasi digital sehingga hampir semuanya digunakan secara “manual.” Namun setelah munculnya aplikasi Nvivo untuk riset kualitatif yang secara teknis banyak membantu peneliti dalam me-manaje risetnya, maka sudah menjadi keniscayaan bagi para peneliti kualitatif untuk menguasai aplikasi Nvivo. Sedangkan Rektor IAIN Pekalongan yang diwakili Wakil Rektor 1 Dr. H. Muhlisin dalam pengarahannya menegaskan bahwa dosen harus mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang peneliti, sehingga riset kualitatif yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dapat dipangkas dengan pemanfaatan teknologi.

Photo Narasumber sedang menyampaikan materi Nvivo 12+

Selama dua hari penuh peserta dengan serius dan antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh fasilitator. Materi workshop antara lain Manajemen Sumber Informasi Penelitian, Mengelola Tree Nodes, Attribute dan Coding, Relationship antar Item, Query Data, dan Integrasi Mendeley dan Nvivo. Peserta langsung diajak untuk mempraktekkan aplikasi tersebut sesuai dengan disiplin keilmuan mereka masing-masing. Setelah melewati masa workshop selama 12 jam pelajaran, acara ditutup oleh Dekan, Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati. Dalam arahannya Dekan menyatakan bahwa para dosen FEBI diharapkan dapat mengimplementasikan aplikasi ini yang ternyata memang sangat membantu dalam memanaje data yang sudah diperoleh dari lapangan. (i78)

Photo Peserta nvivo 12+ antusias dalam mengikuti workshop