Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

FEBI IAIN PEKALONGAN SUKSES GELAR KOMPETISI EKBIS 2019

E-mail Print PDF

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Sukses menggelar lomba kompetisi ekonomi dan bisnis (EKBIS). di  gedung FEBI, jl. Pahlawan 52 Rowolaku Kajen (27/08/2019).

Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia sangatlah bergantung pada kuantitas dan kualitas pelaku kreatif Indonesia oleh karena itu upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas  SDM  kreatif  harus  terus  dilakukan  sepanjang  pengembangan  ekonomi  kreatif.

Pertumbuhan  ekonomi  kreatif  tidak  cukup  ditopang  dengan  pengembangan  jiwa  kreatif semata tetapi juga pengembangan jiwa kewirausahaan agar ekonomi kreatif dapat tumbuh secara berkelanjutan.Perlu  disosialisasikan  kepada  seluruh  lapisan  masyarakat  tentang  kebangkitan  dan budaya  Bangsa  Indonesia  melalui  produk  dan  jasa  kreatif  Indonesia.

Maka dari itu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menggelar lomba kompetisi ekonomi dan bisnis (EKBIS). Program ini merupakan alternatif ide dan juga sebuah ajang yang mempertunjukkan kepedulian dalam pengembangan ekonomi kreatif kepada akademisi, terutama pada para mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan.

Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Bp. Dr. Zawawi M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan program febi kreatif expo yang didalamnya ada kompetisi EKBIS, memiliki beberapa tujuan, diantaranya Meningkatkan  komitmen,  sinergi,  dan  koordinasi  untuk memajukan  kesejahteraan dengan  memanfaatkan  jejaring  kreatif  untuk  mengembangkan  minat  bakat  dan potensi mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan di berbagai bidang ekonomi Islam termasuk kewirausahaan kreatif.

Selain itu kompetisi ini juga ingin Menciptakan  insan  yang  kreatif  dan  dibekali  dengan  kemampuan  kewirausahaan sehingga kreativitas memiliki nilai tambah yang bersifat produktif, efektif dan solutif.

Sejalan dengan hal itu, M. Taufiq Abadi selaku coordinator acara memaparkan bahwa kompetisi EKBIS yang mengusung tema “halal value chain” ini bertujuan untuk mempromosikan kandungan nilai islami sekaligus nilai kreativitas yang tinggi yang dihasilkan oleh pemikiran mahasiswa-mahsiswa FEBI.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 08.30 ini diikuti oleh 30 mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan, dengan 5 jenis cabang lomba yang dikompetisikan. lomba business plan, lomba stock lab, lomba cipta puisi, lomba cerpen serta lomba LCC Pasar modal syariah.

Keesokan harinya, Rabu 28 Agustus 2019 para peserta kompetisi EKBIS diajak untuk mengikuti seminar nasional ekonomi syariah sekaligus pengumuman pemenang masing-masing cabang lomba, berikut ini adalah nama pemenangnya :

1. Lomba Stocklab :
    - Umrinatul Risqivani
2. Lomba Bussiness Plan :
    - Iqbal Maulana
    - Sri Septi Laeliyah
    - Lina Fuadiyah
3. Lomba Cerpen :
    - Dwi Aisyah Fitriyana
4. Lomba Cipta Puisi :
    - Indah Qona'ah
5. Lomba LCC Pasar Modal Syariah :
   - Tri Nur Hidayah
   - Nur Aviana
   - Septi Ayu Triten Nina

Editor : M.T Abadi