Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

UKM-F Dycress FEBI IAIN Pekalongan Selenggarakan Pelatihan Riset Dasar (PRD)

E-mail Print PDF

UKM-F Study Club Reseach (Dycres) FEBI IAIN Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Riset Dasar di  Lolong Asri, 28-29 September 2019. Kegiatan yang merupakan program kerja divisi Sumber Daya Insani (SDI) UKM-F Dycres ini bertemakan "Pelatihan Dasar Sebagai Langkah Awal Mewujudkan Generasi  Intelektual, Solid dan Berjiwa Peneliti" yang dikuti oleh 64 mahasiswa dari 3 jurusan yang ada FEBI IAIN pekalongan mulai dari mahasiswa semester 1 sampai 5. Tema yang diangkat dalam kegiatan PRD ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang potensi dan budaya riset di kalangan mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi agar riset semakin maju dan  berkembang pesat.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari satu malam. Dimana target dari  kegiatan ini adalah Mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan yang benar-benar mempunyai kompeten, aktif di organisasi, berkualitas serta berkeinginan untuk memulainya dari awal terkait riset yang akan dilakukan ke depannya. Pembukaan acara dilaksanakan di Meeting Room lantai 3 Kampus 2 Gedung Febi IAIN Pekalongan pada harI Sabtu, 28 September 2019 Pukul 09.00 s/d selesai. Kegiatan ini dibuka langsung oleh pembina UKM-F Dycress, Bapak Muhammad Masrur S.H.I, M.E.I yang sekaligus beliau menjadi pemateri pertama di PRD ini. Kegiatan dilanjutkan dengan materi mengenai tema yang terkait. Kegiatan PRD hari pertama difokuskan khusus untuk penyampaian materi kepada peserta mengenai Kiat-Kiat Menulis oleh Bapak Muhammad Masrur dilanjut materi kedua tentang Motivasi untuk menulis yang diisi oleh Medi Wasanjoyo ( salah satu pendiri Ukm Dycres) dan materi terakhir berisi tentang contoh dan bentuk karya tulis dengan pembicara Bapak Ali Imron selaku dosen FEBI IAIN Pekalongan.

Kegiatan PRD ini berbeda dengan kegiatan pengkaderan pada umumnya. Kegiatan ini dirancang tidak hanya menyampaikan materi saja akan tetapi kegiatan ini dilengkapi dengan penerjunan dan observasi di lapangan secara langsung di hari kedua. Penerjunan ini diharapkan dapat melatih para anggota baru dyres untuk bersosialisasi dengan masyarakat terkait dengan tema yang diberikan panitia seperti : pendidikan, wisata, dan hasil perkebunan. Selain berlatih bersosialisasi para anggota baru dapat berlatih menulis juga mulai dari tulisan yang sederhana hingga menjadi karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di khayalak umum.

Tidak berhenti pada penerjunan dan observasi, kegiatan PRD ditutup dengan presentasi hasil observasi yang dilakukan oleh 9 kelompok yang sudah dibentuk panitia. Artinya, di PRD juga para anggota baru dycres dilatih untuk berani memaparkan hasil observasinya didepan umum sekaligus untuk melatih public speaking mereka secara tidak langsungnya. (Adah Kominfo ukmy-f dycress)