Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Kelompok Studi Pasar Modal Syariah FEBI IAIN Pekalongan Gelar Seminar Nasional dan Workshop Pasar Modal Syariah

E-mail Print PDF

Narasumber dan peserta berfoto bersama setelah kegiatan Seminar Nasional
dan Workshop Pasar Modal Syariah, Rabu (25/9/2019)

PEKALONGAN- Kelompok Studi Pasar Modal Syariah (KSPMS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan telah menyelenggarakan Seminar Nasional dan Workshop Pasar Modal Syariah bertempat di hotel Horison Pekalongan, Rabu (25/9/2019).

Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan dan mahasiswa dari beberapa kelompok studi pasar modal juga bergabung dalam acara ini. Rinda Asytuti selaku Pembina KSPMS menyampaikan bahwa seminar ini diselenggarakan dengan tujuan mengenalkan investasi pasar modal syariah ke investor pemula agar dapat mengetahui alternatif investasi yg menguntungkan di pasar modal yg sesuai syariah. “Semangatnya untuk berbagi pengetahuan tentang investasi pasar modal syariah kepada mahasiswa”, tutur Rinda Asytuti.

Kegiatan seminar dan workshop ini juga merupakan follow up program galeri investasi yang telah ada di kampus FEBI IAIN Pekalongan. Seminar menghadirkan pembicara Fanny Rifqi dari BRI KP Jateng I dan Nico Pracahya dari Phintraco Sekuritas dan di moderatori oleh Rinda Asytuti dari IAIN Pekalongan . Antusiasme mahasiswa sebagai investor pemula di pasar modal merupakan potensi yang baik guna meningkatkan volume keterlibatan masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal. “Pasar modal Indonesia merupakan salah satu pasar modal terbaik di dunia, sayangnya pasar ini mayoritas dimanfaatkan oleh asing”, ujar Fanny Rifqi.

Sementara itu di tempat terpisah Shinta Dewi Rismawati selaku Dekan FEBI IAIN Pekalongan, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Terima kasih kepada pembina dan teman-teman KSPMS yang telah sukses menggelar kegiatan yang sangat bermanfaat bagi sivitas akademika FEBI”, ujar Shinta.

Seminar pasar modal ini terselenggara berkat kerjasama IAIN Pekalongan dengan Bursa Efek Indonesia dengan berbagai sponsor antara lain BNI Syariah , Rumah Campina , BMT an Najah , dll. Dalam kegiatan seminar dan workshop ini  juga dilakukan pembukaan rekening RDN guna mahasiswa bertransaksi di pasar modal syariah. (F.IV.)