Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

Mantan Bupati Batang Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa FEBI dalam Acara Kuliah Umum

E-mail Print PDF

Pekalongan, FEBI--Acara kuliah umum diselenggarakan oleh FEBI IAIN Pekalongan, dengan mengambil tema “Out of The Box Entrepreneurship: Menang Dagang dengan Ilmu Perang”, menghadirkan Yoyok Riyo Sudibyo, Bupati Batang periode 2012-2017 sebagai nara sumber. Acara yang dibuka oleh Dekan FEBI Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH.,MH, bertempat di ballroom Hotel Horison Pekalongan, pada 28 Februari 2019.  Dalam kesempatan ini Dekan menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka membuka kuliah semester genap tahun akademik 2019-2020. Pembekalan tentang kewirausahaan ini untuk mahasiswa ini dalam rangka untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 500 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan yang terdiri dari tiga jurusan, yaitu jurusan Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, dan Perbankan Syariah. Selain itu juga dihadiri oleh stakeholder, user, dan juga tamu undangan, diantaranya dari pengelola lembaga keuangan syariah, himpunan pengusaha muda, akademisi, dan juga tamu yang lainnya.

Dalam kesempatan ini narasumber menyampaikan sejarah hidupnya dari pengalaman hidup di desa sampai dengan menjadi tentara, pengusaha, dan juga bupati. Sembari bertugas di Papua ia merintis usaha dengan mendirikan toko ritel, dengan berbagai pengalamannya. Sekarang telah berkembang menjadi 67 toko di Papua.

Ketika menjadi bupati mengajak para birokrat menerapkan prinsip ekonomi, dengan modal sedikit tapi menghasilkan manfaat sebesar-besarnya. Tidak mengijinkan mall masuk sebelum pasar tradisional bisa beroperasi dengan baik. Pengelolaan dan penataan birokrasi dengan cara yang luar biasa. Dalam prinsip hidup ini kan membawa manfaat bagi banyak orang.