Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

IMPLEMENTASIKAN KEMITRAAN DENGAN BI TEGAL : FEBI KIRIMKAN DELEGASI DALAM SEMINAR NASIONAL BI DI PALEMBANG

E-mail Print PDF
Palembang. Sebagai upaya untuk mengimplemetasikan MOU dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal (BI Tegal), maka Dr.Shinta Dewi Rismawati, MH selaku Dekan FEBI IAIN Pekalongan menghadiri undangan BI untuk mengirimkan delegasinya dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dengan tema “Perkembangan Ekonomi Terkini : Tantangan dan Prospeknya Kedepan”. Kegiatan seminar nasional tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 7-8 Desember 2018 di Wyndham Hotel Palembang Komplek OPI Mall Palembang Sumatera Selatan.
 
Dalam kegiatan tersebut diikuti 112  peserta yang terdiri dari dekan dan akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri, maupun swasta se-Jawa dan Sumatera yang menjadi mitra BI selama ini. Sedangkan dari Peserta berjumlah 7 yang berasal dari IAIN Pekalongan, IAIN Jember, IAIN Padang Sidempuan, UIN Araniry Aceh dan UIN Raden Patah Palembang
 
Kegiatan tersebut terdiri dari dua sesi. Sesi pertama dengan  di isi oleh narasumber yang berasal dari Kementerian Keuangan RI yang diwakili oleh Deputi IV Komunikasi Politik dan DiseminasiInformasi, yakni Bapak Eko Sulistyo, yang memaparkan papernya yang berjudul “ Prospek Politik 2019 dan Implikasi Ekonominya”.  Beliau menyampaikan tentang kondisi eksisting perekonomian nasional juga kondisi perekonomian global. Paparan beliau menyoroti bahwa kondisi perekonomian nasional pada dasarnya juga dipengaruhi kondisi dalam negeri dan juga luar negeri. Perekonomian global diprediksi melandai, tetapi pertumbuhan ekonomi nasional masih memiliki harapan untuk bergerak maju.
 
Sesi kedua, diisi oleh akademisi yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Aliviani dari FE Atmajaya Jakarta dengan papernya yang berjudul “ Prospek Ekonomi 2019 Di Tengah Ketidakpastian Global dan Tahun Politik : Peluang dan Tantangannya”. Adapun konsekuensi dari keikutan peserta dalam kegiatan tersebut adalah setiap peserta diminta untuk mensosialisasikan hasil seminar tersebut kepada kolega dan civitas akademika di kampusnya masing-masing. Materi seminar nasional dapat diunduh di Bit.ly/Seminar_Nasional_Palembang.