Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

KERJASAMA DENGAN OJK DAN IDX, FEBI IAIN PEKALONGAN SELENGGARAKAN SEMINAR LITERASI KEUANGAN DAN INVESTASI SYARIAH.

E-mail Print PDF
KERJASAMA DENGAN OJK DAN IDX, FEBI IAIN PEKALONGAN SELENGGARAKAN SEMINAR LITERASI KEUANGAN DAN INVESTASI SYARIAH.
 
Pekalongan. Bertempat di lantai 3 ruang rapat Gedung Rektorat Kampus I  maka IAIN Pekalongan FEBI IAIN Pekalongan mengandeng OJK dan IDX kantor perwakilan Propinsi Jawa Tengah menyenggarakan Seminar Nasional Literasi Keuangan dan Investasi Syariah pada Hari Kamis,  tanggal 5 Oktober 2017. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah  “ Kiat Cerdas Menanam Saham Yang Aman  dan Menguntungkan Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Optimalisasi Fungsi Pengawasan OJK”.
 
Dalam kegiatan tersebut yang menjadi narasumber adalah Bapak Farhan Nugroho, SH MAP selaku Kepala Bagian Pasar Modal OJK dan Bapak Fanani selaku Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Propinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut oleh Wakil Rektor  Bidang Akademik dan Kelembagaan bapak Dr. H. Muhlisin, Mag, Dekan FEBI IAIN Pekalongan Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH MH, Wadek bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. AM. N. Hafiddz MS, Mag, Wadek bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Zawawi, Lc, MA dan bebeberapa Dosen FEBI, 60 Mahasiswa  FEBI IAIN Pekalongan. Adapun yang bertindak sebagai moderator kegiatan tersebut adalah Kajur Ekonomi Syariah Agus Fahrina, MSI.
 
Peserta seminar dalam kegiatan tersebut, mendapatkan paparan materi tentang peran dan regulasi OJK dalam melakukan fungsi pengawasan lembaga keuangan yang disampaikan oleh narasumber dari OJK, maka materi tentang kiat-kiat cerdas untuk berinvestasi secara aman dan sesuai kaidah sayariah juga disampaikan oleh Kepala BEI Propinsi Jawa Tengah. Bapak Farhan Nugroho menyampaikan bahwa, angka literasi pasar modal di Jawa tengah masih sangat rendah atau hanya 0,11%. Angka tersebut merupakan terendah di antara produk keuangan lainnya. Maka atas dasar pertimbangan itulah, OJK terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pasar modal. Menurutnya, masih rendahnya literasi masyarakat terhadap papsar modal bertolak belakang dengan potensi yang ada dalam pasar modal. Karena transaksi dan keuntungan yang didapat bisa sangat nesar. Disebutkan, salah satu cara untuk sosialisasi dan edukasi, pihak OJK melakukan kompetisi permainan stock lab. Stock lab merupakan permainan kartu seperti kartu monopoli yang berisi istilah-istilah dari pasar modal. Stock lab merupakan sarana sosialisasi dan edukasi pasar saham untuk orang awam. Kartu ini dikemas sesederhana mungkin, sehingga mudah dipahami. Dan untuk mendorong partispapasi mahasiswa maka setiap tahun diadakan kompetisi Stock lab.
 
Di akhir sesi acara, tim OJK memperagakan Stock Lab tersebut kepada peserta. Dengan kegiatan yang berdimensi ini peserta menjadi sangat antusius dalam mengikuti kegiatan. OJK juga memberikan peralatan stock lab sebanyak 2, yang bisa digunakan oleh mahasiswa dan fakultas untuk terus belajar mengasah pengetahuan dan ketrampilan.