Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam | IAIN Pekalongan

FEBI IAIN Pekalongan Bekali Mahasiswa Baru dengan Seminar Motivasi

E-mail Print PDF

Rabu, tanggal 5 Desember 2019 menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS), Ratusan mahasiswa baru FEBI IAIN Pekalongan tahun akademik 2018/2019 mengikuti kegiatan Seminar Motivasi (Semot) di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan di Kajen.

Seminar mativasi ini bertemakan “Speak to Growth Upaya Membina Generasi Kompetitif di Era Milineal” dengan menghadirkan motivator seminor Bapak Bambang Nugroho dari Semarang dan pengusaha muda alumni jurusan Ekonomi Syariah tahun 2012 Bapak Fatkhur Rokhman M.E   dimoderatori oleh Bapak Dr. Am. Muh. Khafidz Ma’shum, M.Ag.

Wakil dekan II FEBI Bapak Drs. H. Achmad TubagusSurur, M.Ag.secara resmi membuka acara tersebut. Dalam  sambutannya Bapak Drs. H. Achmad Tubagus Surur, M.Ag mengatakan bahwa mahasiswa itu harus sukses dalam berkuliah dan juga sukses dalam berorganisasi jangan sampai waktu kuliah hanya datang ke kampus dan kemudian pulang tanpa membawa ilmu ataupun hal positif lainnya.

Tips Sukses

Bapak Bambang Nugroho dalam pemaparannya menjelaskan pentingnya pengembangan soft skill dalam meraih karir, diantara skill yang harus dimiliki adalah kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking dan kemampuan ini dapat dimiliki dengan melatih diri sejak masa kuliah, diantaranya keaktifan presentasi di ruang kuliah, aktif kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Sedangkan Bapak Fatkhur Rokhman M.E menyoroti lebih dalam pengelolaan diri sendiri untuk fokus dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam membina jiwa wirausaha tidak mengenal lelah, putus asa, selalu ingin berusaha dan berusaha.

Penghargaan

 

Salah satu rangkaian acara seminar motivasi adalah penghargaan kepada mahasiswa mahasiswi berprestasi baik bidang akademik dengan perolehan IPK tertinggi 3,93  maupun prestasi non akademik seperti juara tenis meja, pencak silat, cipta lagu ekonomi syariah, karya tulis ilmiah, dll. Pemberian Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru FEBI IAIN Pekalongan dalam meraih prestasi di berbagai bidang di masa yang akan datang.

Disamping itu, penghargaan juga diberikan kepada Dosen FEBI berprestasi, dengan kategori sitasi terbanyak diraih oleh Bapak Kuat Ismanto, M.Ag. dan kategori HKI (Hak Kekayaan Intelektual) diraih oleh Bapak Agus Arwani, M.Ag. Pemberian penghargaan ini juga diharapkan mampu mendorong dosen untuk berprestasi secara lebih produktif hingga tercapainya tujuan pengembangan sistem pendidikan tinggi khususnya.